Perlukah Memilih Asuransi Kendaraan?

Perlukah Memilih Asuransi Kendaraan?

Setiap pembelian kendaraan dengan cara kredit, biasanya secara otomatis Anda akan langsung memperoleh asuransi kendaraan, baik kendaraan roda empat maupun kendaraan bermotor. Akan tetapi, asuransi tersebut biasanya hanya berlaku selama periode waktu kredit kendaraan saja, sesudah lunas, asuransi pun sudah tak berlaku kembali.

Lalu, Jika Beli Mobil Cash atau Pembayaran Kredit Kendaraan Lunas, Apakah Mobil Wajib Diasuransikan Kembali?

Asuransi untuk kendaraan bisa dibilang sangat penting, baik asuransi kendaraan bermotor ataupun mobil. Hal ini berguna untuk menghindari beberapa hal yang merugikan, seperti kerusakan atau hilang akibat dicuri. Walaupun Anda memerlukan biaya tambahan yang tidak sedikit, namun asuransi ini penting sekali.

Apabila Anda ingin mengasuransikan kendaraan Anda, ada 2 pilihan jenis asuransi yang dapat Anda pilih sesuai keinginan, diantaranya :

  •  Asuransi All Risk

Asuransi kendaraan ini sangat cocok bagi yang ingin mendapatkan perlindungan kendaraan bermotor secara maksimal. All Risk dapat memberikan proteksi kendaraan Anda terhadap aksi kejahatan pencurian atau perampasan dan kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan parah. Beberapa jasa asuransi bahkan memberikan perluasan ganti rugi terhadap dampak kecelakaan dan bencana alam.

Pada asuransi jenis All Risk ini, Anda bisa mengklaim kerusakan minor. Akan tetapi, harga premi asuransi yang ditetapkan umumnya lebih tinggi jika dibandingkan asuransi TLO, dan biasanya di bayar tahunan. Asuransi All Risk ini menetapkan sistem dana hangus, dimana Anda tidak dapat mencairkan klaim jika kendaraan Anda tidak mengalami kerusakan.

  • Asuransi TLO

Asuransi kendaraan jenis ini memberikan manfaat jaminan perlindungan kendaraan Anda terhadap kerusakan akibat terjadinya tindak perampasan, kejahatan pencurian dan kecelakaan yang parah. Akan tetapi klaim asuransi hanya bisa diajukan apabila kerusakan kendaraan yang dialami mencapai 75%, yaitu saat kondisi kendaraan Anda tidak dapat digunakan kembali. Kerusakan minor seperti kehilangan spion, ban bocor, atau baret tidak menjadi tanggungan jasa asuransi.

Meskipun hanya menanggung kerusakan mayor tetapi banyak juga yang tertarik menggunakannya karena harga preminya sangat terjangkau. Untuk skema pembayaran sendiri dilakukan setiap tahun, dengan sistem dana hangus sama seperti asuransi All Risk. Jadi, jika selama satu tahun kendaraan Anda tidak mengalami kerusakan atau tidak mengajukan klaim, maka total jumlah biaya premi asuransi yang sudah dibayar tidak dikembalikan lagi dan sepenuhnya milik perusahaan asuransi.

Itulah jenis-jenis asuransi untuk kendaraan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih jenis asuransi yang tepat. Pastikan Anda memilih asuransi sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *